Jumat, 18 Desember 2009

KRISIS PUBLIC RELATION 2

1.internal &external

Public internal dan external adalah yang berada didalam organisasi,yairu karyawan,manager ,suprvaisor ,serikat pekerja, dan dewan direksi.public internal adalah mereka yang tidak langsung berhubungan denagn perusahaan contoh: pemerintah pusat dan daerah,konsumen,masyarakat sekitar, dan lainya.


2.primary,secondary,and marginal


Public primer adalah mereka yang memiliki potensi paling strategis, baik yang mendukung maupun yang menghalangi kesuksesan individu maupun organisasi.keberadaan public sekunder cukup berpegaruh, walaupun tidak signifikan terhadap perusahaan. Public marjinal tidak siknnifikan terhadap perusahaan.public marjinal sama sekali tidak berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan.contohnya ketika seorang arti marsela zalianti terlibat kasus hukum dan diajukan ke hakim,saksi ,pengacara. Public sekundernya adalah keluarga yang korban dan merka yang hadir dipersidangan sedangkan margianal adalah masyarakat luas.


Jika perang pemasaran adalah bagaimana merebut mangsa pasar (market share) maka perang public relation adalah petarung merebut hati public, empati public, dan simpati public. Mereka yang dapat meraih hati pulic akan memenangkan pertempuran

Seperti yang terjadi pada Susilo Bambang Yudoyono menyusul pengunduran dirinya dari kabinet . pernyataan Taufik Kemas bahwa SBY jendral yang kekenak – kanakan terdengar arogan dan mendorong simpati public untum SBY. Sebuah blunder yang berakibat tidak terpilihnya Megawati dan keuntungan bagi SBY.

Hal ini juga pada aries sang Indonesia Idol ditengah sebuah kompetisi yang pemenangnya ditentukan jumlah sms yang masuk, tentu tidak mungkin bagi aries dan keluarganya untuk mengirim sms sebanyak – banyaknya. Latar isri dan satu orang anak yang masih kecil, menjadi dukungan luar biasa dalam menjaring sms. Kemenangan aries untuk menjadi Indonesian Idol, lebih banyak karena simpati public.


The power of Public Relations


Public relation sebagai suatu bidang pekerjaan berkembang tanpa batasan dan dihargai lebih dari tiga dekade. Kini Public Relation menjadi salah satu industri yang berkembang pesat yang ditandai dengan kenyataan – kenyataan berikut.


  1. Di amerika serikat, berdasarkan bureau of labur statistic (kantor statistic buruh AS), public Relation merupakan bisnis bernilai multi – dolar yang dilakukan oleh hampir 200.000 profesional sebagai industri yang perkembangannya paling cepat, dengan peningkatan hampir 47% ditahun 2005.

  2. Pada tahun 1995,Council Of Public Relation Firm melakukan studi untuk memperkirakan biaya aktivasi komunikasi di lebih dari 500 perusahaan. Hubungan langsung ditemukan antara biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk Public Relation dan banyaknya informasi yang diterima masyarakat .

  3. Hampir 200 lembaga pendidikan di Amerika Serikat dan banyak lagi di dunia menawarkan mata kuliah Public Relations untuk program sarjana. Banyak juga lembaga pendidikan yang menawarkan kursus Public Relation.

  4. Di abad 21, saat industri seperti perbankan,jasa,dan penjualan sangat rentan terhadap krisis, profesi Public Relation diharapkan berkembang pesat karena semakin banyak kepentingan organisasi untuk mengkomunikasi bisnis mereka.

  5. Pemerintah AS memiliki 9000 karyawan 9000 karyawan dibidang komunikasi bekerja dikantor informasi dan 1000 ahli komunikasi bekerja di Depaterment Pertahanan. Saat ini terdapat 20 konsultan Public Relation besar didunia dengan pendapatan lebih dari US$2 miliar per tahun.


Kekuatan Public Relation juga berakar pada demokrasi,yaitu kebebasan masayarakat untuk berpendapat,membuat keputusan sendiri, tinggal ,bekerja , dan memilih apa yang mereka inginkan. Kelangsungan kelangsungan hidup organisasi swasta atau pemerintah tergantung pada hubungan baik dengan kelompok atau individu yang pendapat,keputusan,dan kegiatan mereka mempengaruhi vitalitas dan kelangsungan bisnis perusahaan.

Sekuat tenaga,amerika mempengaruhi persepsi masyarakat dunia lewat berbagai media,baik melalui pidato presiden bush,lobi politik,diplomasi,tulisan bahkan propaganda untuk membuat dunia yakin bahwa irak mempunyai senjata pemusnah masal. Fakta yang kemudian terbukti tidak benar, setelah irak hancur lebur.

Bagi amerika, yang penting bukan pada ada atau tidaknya senjata pemusnah masal,tetapi bagaimana public percaya bahwa irak memilikinya. Dalam Public Relation, persepsi lebih penting dari realitas. Oleh sebab itu, perang irak sesungguhnya diawali oleh perang” Public Relation” ( perang persepsi).


Etiket Public Relations

secara umum, etiket berkenaan dengan nilai yang memberikan pedoman kepada seseorang, organisasi, atyu masyarakat untuk membedakan yang benar dan yang salah, adil, dan tidak adil, serta kejujuran dan kebohongan. Tindakan seseorang tidak hanya diukur oleh hati nuraninya tetapi juga oleh norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat.etiket pribadi dan organisasi dipengaruhi oleh faktor, seperti budaya, agama,dfan pendidikan. Masalahnya adalah apa yang dianggap benar oleh seseorang hanya diukur oleh hati nuraninya tetapi juga norma nilai yang berlaku dalam masyarakat. Etiket pribadi organisasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti budaya, agama, dan pendidikan. Masalahnya adalah apa yang dianggap benar seseorang belum tentu benar oleh orang lain.

Belakanga n ini banyak terjadi pelanggaran etiket dindonesia baik dalam dunia bisnis maupun dalam bidang politik. Perhatikan dalam contoh berikut :

  1. Fasilitas tiket tol gratis yang rencananya akan diberikan PT. Jasa marga ke anggota DPR dianggap sebagian kalangan tidak etis. Indonesian corruption Watch (ICW)bahkan menilai pemberian suap dan penyalahgunaan wewenang (abuse of power).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar