Rabu, 09 Desember 2009

KRISIS PUBLIC RELATION

KRISIS PUBLIC RELATION

Dalam krisis public relation 10 entitas bisnis yang dapat terimbas krisis adalah sebagai berikut:

  1. Goods (barang)

Produk perusahaan berupa barang-barang fisik merupakan bagian yang terbesar dari produksi dan bisnis perusahaan di seluruh penjuru dunia. Kualitas yang baik adalah faktor fungsi keberhasilan, kualitas yang buruk akan membawa perusahaan ke dalam jurang krisis. Krisis jenis ini berpotensi terjadi karena produk mungkin saja tidak sempurna. Walaupun perusahaan telah melakukan riset yang baik dan teknik pengembangan produk sudah di lakukan, selalu saja ada kemungkinan produk tidak sempurna. Besaran efek krisis bergantung dari kecepatan pembuatan keputusan dari perusahaan dan resistensinya terhadap perlebaran masalah.

  1. Service (jasa)

Semakin maju perekonomian suatu bangsa akan berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan industri jasanya. Excellent service dan profesionalisme merupakan jaminan bagi kelangsungan bisnis perusahaan yang bergerak di sektor jasa.

  1. Experiences (pengalaman)

Ada beberapa perusahaan yang bisnis utamanya adalah memeberikan pengalaman kepada masyarakat. Ada pasar bagi konsumen yang ingin menghabiskan waktunya dengan berarung jeram,diving ,bungee jumping ,rafting ,dan hiking. Faktor keamanan dan keselamatan dalam bisnis ini sangat penting.

  1. Events (peristiwa)

Sebuah event juga bisa terkena krisis public relation bertugas untuk mempromosikan berbagai event seperti olimpiade piala dunia peluncuran produk baru konser musik dll.

Saat ini terdapat banyak perusahaan yang bergerak di bidang event organizer. Krisis yang biasa terjadi pada penyelengaraan event adalah jatuhnya korban dari pengunjung karna masalah keamanan.

  1. Persons (orang)

Saat ini tokoh public,selebritis ,atlit,politisi atau pejebat negara juga membutuhkan aktifitas public relation dalam rangka membangun citra diri yang positif di masyarakat (publik). Nama baik merupakan aset yang tidak ternilai. Ketika sebuah peristiwa terjadi dan berpotensi menurunkan citra seorang tokoh publik maka pada saat itu telah terjadi krisis public relations.

  1. Places (tempat)

Sebuah tempat, kota, negara, wilayah, atau propinsi bersaing secara ketat untuk menarik wisatawan baik domestik wisatawan asing dan investor untuk datang dan menanamkan modal mereka. Pada akhirnya investasi mereka diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Krisis bisa datang kapan saja dan menghancurkan sebuah wilayah. Krisis keuangan menggoyang Amerika, Tsunami menyapu Aceh, gempa mangguncang Yogyakarta , isu virus SARS melumpuhkan Singapura, Hongkong, dan Cina. Tugas PR antara lain membangun kembali persepsi positif publik terhadap sebuah wilayah yang pernah mengalami krisis.

  1. Properties (properti)

Properti terbagi menjadi dua, yaitu real properti (real estate) dan financial property (saham dan obligasi). Perusahaan yang bergerak di bidang real estate berusaha untuk menjual atau membeli atas nama pemilik untuk keperluan rumah tinggal atau komersial. Perusahaan investasi, bank dan lembaga keuangan non bank memasarkan produknya kepada investor. Keduanya dapat terkena krisis. Tidak stabilnya kondisi perekonomian membuat harga saham jatuh, yang pada akhirnya membuat banyak perusahaan merugi.

  1. Organization (organisasi)

Organisasi dapat terkena krisis apabila tidak berhasil dalam menjalankan fungsi dan perannya. Kegagalan ini mambuat banyak organisasi kehilangan kepercayaan publik. Ketika seorang jaksa terlibat kasus korupsi maka Kejaksaan Agung, sebagai sebuah intitusi yang menaungi jaksa dapat kehilangan kepercayaan publik.

  1. Information

Informasi dapat di produksi dan dipasarkan sebagai sebuah produk. Pada dasarnya informasi merupakan suatu yang di produksi dan distrubusikan, baik oleh sebuah lembaga pendidikan, Radio, televisi, penerbit buku, koran dan majalah. Ketidakakuratan informasi akan menyebabkan perusahaan yang bergerak di bidang informasi dapat kehilangan repuutasi dan kredibilitasnya.

  1. Ideas (gagasan)

Beberapa perusahaan menjual ide sebagai produk utamanya. Perusahaan periklanan menawarkan ide bagi kliennya, perusahaan konsultan menawarkan solusi yang berupa ide untuk memecahkan masalah, Arsitek menawarkan ide bagi mereka yang ingin membuat sebuah bangunan. Ide atau gagasan adalah juga produk yang bisa terkena krisis. Pasca reformasi ide pemekaran wilayah sangat marak terjadi di Indonesia. Sebut saja beberapayang berhasil seperti propinsi Banten dan Gorontalo. Ide pemekaran ini sontak berada dalam krisis menyusul kematian ketua DPRD Sumatera Utara akibat aksi kekerasan mereka yang mendukung pemekaran wilayah di Sumatera Utara.



Kredibilitas dan reputasi perusahaan sangat bergantung dari keseriusan perusahaan merespon krisis yang terjadi. Maka komunikasi yang terbuka dan konsisten memainkan peran yang penting dalam berkontribusi terhadap kesuksesan berkomunikasi selama masa krisis.

Public relations tidak hidup di ruang hampa. Ia memerlukan

Ruang untuk mengartikulasikan peran dan fungsinya untuk membangun citra positif perusahaan, menjalin hubungan yang harmonis dengan publik dan menyelesaikan krisis yang terjadi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar